Wednesday, February 23, 2011

Make your Own Favicon

Favicon?? Apa tuh??
Buat yang baru berkenalan dengan blog seperti saya, mungkin istilah itu agak asing dan aneh ditelinga. Tapi klo dah ngeh apa artinya dan gimana cara ngebuatnya pasti yang ada jadi makin penasaran buat ngulik dan coba ngaplikasiin buat dipake di blog sendiri.

Baiklah, untuk awalnya saya jelasin dulu apa itu Favicon. Berdasarkan hasil "googling" saya temukan bahwa Favicon itu singkatan dari Favorite Icon. Atau dengan kata lain Favicon itu icon yang terdapat di Address Bar. Bentuknya berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain karna dibuat berdasarkan keinginan dari pemiliknya. Cara ngebuatnya gampang banget ternyata. Klo penasaran bisa coba ikutin cara saya berikut ini :
  • Pertama, buat dulu icon kamu sendiri dengan aplikasi pembuat gambar. Klo saya membuatnya dengan menggunakan photoshop. Usahakan membuat dengan background transparan.
  • Saat penyimpanan gambar merupakan saat yang lumayan krusial. Simpan dengan format PNG klo background-nya transparan. Tapi klo gak ada, bisa juga menyimpan dnegan format JPG.
  • Tahap selanjutnya adalah memindahkan gambar ke program aplikasi yang menyediakan fitur agar gambar memiliki kode URL. Thanks to photobucket yang membantu saya untuk mengatasi masalah ini.
  • Copy kode URL gambar yang akan dijadikan favicon.
Yang berikutnya ini adalah kita akan mulai bekerja dengan menggunakan blog yang kita punya.
  • Klik " Design" pada Navigation Bar
  • Pada halaman "Edit Layout", pilih kolom "Design", lalu pilih "Edit HTML"
  • Untuk mempermudah pencarian, ketik "Ctrl-F" dan tulis "</Head>

  • Di atas kode tersebut kita ketik :
         <link href='kode URL' rel='shortcut icon'/>
         <link href='kode URL' rel='icon'/>
  • Karna saya menggunakan kode URL "http://i1089.photobucket.com/albums/i356/wilmakailola/icon2.png", maka hasilnya akan menjadi :
  • Selanjutnya klik tombol "Save Template"
  • Terakhir, pilih tab "View Blog" dan tadaaaa jadi deh. Gak percaya?? Ini favicon punya saya

FYI : Icon pada favicon bisa diganti-ganti sampai kmu nemuin icon yang pas dengan kamu. Caranya tinggal ganti saja kode URL yang lama dengan kode URL yang baru.

Selamat mencoba ^^v

No comments: