Saturday, October 26, 2013

Mari Membuat Mahkota ^^

Kegiatan matematika dapat selalu diintegrasikan dengan kegiatan yang ada di kelas. Seperti salah satunya kegiatan yang dilakukan di kelas angin TK GagasCeria beberapa waktu yang lalu. Saat itu anak-anak diajak membuat mahkota untuk dipajang di pameran. Namun mahkota yang akan dibuat haruslah mengikuti persyaratan yang telah ditetapkan. Persyaratannya adalah anak-anak harus mencoba membuat mahkota dengan bahan yang disusun secara berpola.

Kegiatan hari itu diawali dengan sesi membaca cerita tentang pola, bermain dan tanya jawab tentang pola. Setelah dilakukan kegiatan buka cakrawala, lalu anak diajak berkumpul untuk menyiapkan alat bahan yang dapat digunakan.
Anak-anak mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat pola
Setelah memutuskan jumlah pola dan jenis bahan yang akan digunakan, anak-anak dberi kesempatan untuk mengambil bahan yang dibutuhkan dan menyusun mahkotanya agar jadi berpola. Selama berkegiatan anak-anak saling menginspirasi dan saling membantu mengingatkan teman bila ada yang kesulitan atau salah saat menyusun pola. Semua anak saling bekerjasama dan berusaha menuntaskan karya secara mandiri.

oles-oles, tempel-tempel
susun-susun biar jadi pola
 Dan akhirnya, selesai deh mahkotanya..

2 pola, 3 pola, semua berusaha
2 warna, 3 warna semua indah
2 bahan, 2 bahan, 3 bentuk semua bisa jadi berpola
Menjelang pulang semua anak-anak bekerjasama membereskan kelas agar lebih rapi dan bersih. Semua anak hebat ^^
bekerjasama merapikan kelas

No comments: