Beberapa waktu yang lalu, Aku mengajak anak kelas Angin untuk membuat orang dari playdough. Jika sebelumnya guru yang selalu menyediakan playdough untuk berkarya, kali ini anak-anak aku ajak untuk membuat playdough karya mereka sendiri dengan cara bekerjasama dalam satu kelompok.
Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah mengajak anak mengerti fungsi dari bagian tubuhnya dan menyadari bahwa jika mereka tidak menjaga kesehatan tubuh, mereka tidak akan memiliki kekuatan untuk membuat playdough. Disamping itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk melatih kerjasama anak dalam kelompok, bahwa jika tidak bekerjasama, playdough kelompok mereka tidak akan berhasil di buat. Selain itu, anak juga dikenalkan dengan sistem barter, yaitu jika mereka membutuhkan playdough dengan warna lain, mereka harus meminta dari kelompok lain dan menukarnya dengan playdough mereka dengan jumlah yang sama. Dan syukurlah, tujuan dari kegiatan ini hampir semuanya tercapai.
Bahan yang dibutuhkan sama seperti membuat
playdough pada umumnya, yaitu :
- tepung terigu
- air yang sudah diberi pewarna makanan
- garam secukupnya (untuk mengawetkan)
- minya secukupnya (untuk membuat adonan menjadi tidak lengket)
|
bahan yang digunakan |
Mula-mula anak-anak memilih sendiri kelompok tempat mereka bekerjasama membuat
playdough.
|
suasana saat anak-anak sudah memilih kelompoknya |
Setelah anak-anak selesai memilih kelompoknya, barulah mereka bekerjasama mengolah adonan playdough agar menjadi bahan karya yang siap untuk digunakan.
|
bekerjasama dengan kelompok untuk mengolah adonan |
Adonan pun siap digunakan, dan proses berkarya, bertukar ide dan bertukar bahan-pun dimulai. Meskipun awalnya masih kebingungan saat mencoba sistem barter, namun akhrinya semua anak bisa mencoba cara ini tanpa ada konflik. Dan inilah hasil karya playdough orang kelas Angin..
|
Hasil karya Gadi, Zhafran, Rydho dan Rafi |
|
Hasil karya Abiel, Aira, Rania dan Tata |
|
Hasil karya Dio, Naufal, Ical dan Zaky |
|
Hasil karya Allena, Cila, Vio dan Naomy |
No comments:
Post a Comment