Sunday, September 29, 2013

Wajahku dari Roti

Pengenalan konsep diri tidak hanya dilakukan di TK tapi juga di klab tempat aku mengajar. Meskipun tema yang akan disampaikan sama, namun materi dan cara penyajiannya haruslah berbeda, harus disesuaikan dengan umur anak.

Beberapa waktu yang lalu aku dan teman-temanku sepakat mengajak anak-anak untuk membuat wajah mereka dari roti. Tujuan utama kegiatan ini adalah melatih persepsi visual anak tentang sebuah wajah, disamping melatih konsep posisi dan memperkuat konsep wajah itu sendiri.

Bahan untuk melakukan kegiatan ini cukup sederhana, yaitu :
  • roti tawar berbentuk lingkaran
  • permen coklat berwarna-warni
  • biskuit berbentuk stik
  • selai strawberi dan selai coklat

Kegiatan ini diawalai dengan mengajak anak menyanyikan lagu dan bermain tepukan tentang wajah. Kemudian anak diajak berlomba menyentuh bagian wajahnya. setelah puas bermain dan anak dirasa sudah siap, barulah kegiatan inti dimulai.

Setelah dibagikan roti, anak-anak diberi permen coklat untuk dijadikan bagian mata.  Lalu anak-anak diberi biskuit yang akan dijadikan salah satu bagian wajah, sebagian besar anak menjadikan biskuit ini sebagai bagian hidung. Selanjutnya anak-anak diminta memilih jenis selai untuk dijadikan bagian mulut dan telinga. Hore berhasil!!!

Permennya bisa buat bagian apa ya??
ini mataku ^^
pencet-pencet, susun-susun
Terakhir, anak-anak pun diajak menikmati roti wajah yang sudah mereka buat. Selesai deh kegiatan hari itu ^^
Selamat menikmati :9

No comments: