Saturday, November 2, 2013

Aku dan Temanku

Sosialisasi dan interaksi adalah salah satu poin penting yang coba dilatih pada anak di sekolah. Dengan bersekolah, diharapkan anak dapat terbiasa dan tidak canggung saat bersosialisasi dan dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang baru, baik teman seusianya maupun dengan orang dewasa (guru, administrasi dan petugas sekolah lainnya).

Saat ini, anak kelas Angin sudah bermain bersama selama lebih kurang 3 bulan. Waktu yang terhitung cukup untuk anak mengenal teman-temannya. Untuk mengetahui pemikiran anak tentang siapa teman yang biasa atau mereka ingat untuk diajak bersosialisasi dan berinteraksi, akhirnya anak diajak membuat karya melalui gambar terintegrasi.

Bahan yang digunakan sederhana saja, hanya cap untuk mengecap, alat tulis dan lembar kerja. Mulanya anak diajak mengecap menggunakan bentuk geometri. Digunakan bentuk geometri tujuannya untuk mengetahui apakah anak dapat menyebutkan nama dan menunjuk bentuk geometri yang akan digunakan. 

Selesai mengecap, anak diminta menggambar teman yang ingin mereka ajak bermain. Hasil karya anak ternyata unik, karena ada beberapa anak yang menggunakan hasil cap bentuk geometri tidak hanya sebagai bagian badan, namun juga sebagai bagian baju atau rok atau celana.

Usai menggambar, anak diminta mengisi lembar kerja berupa menuliskan jumlah bentuk geometri yang digunakan saat mengecap. Anak juga diminta menuliskan huruf awal nama teman yang ada di karyanya. Untuk anak yang sudah dapat meniru atau menulis, anak dapat menuliskan nama panggilan teman yang dimaksud. Kemudian anak menuliskan identitas dan cerita karya denagn cara meniru atau pretend writing dengan menuliskan huruf-huruf yng mereka ketahui saja. Dan, selesai deh karyanya :)

 

No comments: