Friday, November 1, 2013

Kerlap-Kerlip Serangga Angin

Terinspirasi kelas Awan yang sudah lebih dahulu membuat karya seni batu untuk pameran karya TKA, akhirnya aku dan partner sepakat untuk juga membuat karya dari bahan yang sama. Setelah mencari inspirasi melalui media online, akhirnya diputuskan untuk membuat karya seperti yang ada di blog ini. Tema yang diambil adalah serangga imajinasi, dengan pilihan jenis serangga hanya kupu-kupu dan kumbang serta laba-laba.

Alat bahan yang digunakan untuk karya ini diantaranya :
Batu kali
Cat asturo
Lem
Mata bebek, kancing, manik-manik dan payet
Kertas bergelombang (bisa diganti dengan kardus, warnai jika ingin berwarna-warni)
Bubuk glitter untuk taburan (bisa juga jika tidak ingin dipakai)

Sebelum berkarya, anak-anak diajak buka cakrawala melalui buku, diskusi dan tanya jawab. Lalu anak-anak diperlihatkan beberapa contoh karya serangga dari media batu sebagai inspirasi. Kemudian anak-anak diajak memilih jenis batu untuk berkarya. Saat itu anak-anak diminta memilih batu dengan dua ukuran berbeda, tujuannya selain untuk latihan membandingkan ukuran, diharapkan anak tetap punya pilihan sebelum memutuskan alat bahan yang akan digunakan.
memilih batu untuk berkarya
Setelah mencari batu, anak diminta merancang lebih dahulu karya yang akan dibuat. Anak memilih jenis hewan, alat bahan yang akan digunakan dan tentu saja menuliskan identitas karyanya. Agar anak tidak kesulitan merancang bahan yang akan digunakan, guru terlebih dahulu menyiapkan beberapa cotoh bahan yang akan digunakan berkarya nantinya. 
membuat rancangan karya seni batu
Kemudian anak diajak melukis warna dasar untuk batu yang akan digunakan berkarya. Untuk mewarnai dengan cat, sebaiknya cat tidak dicampur dengan air agar warna yang dihasilkan lebih terlihat jelas.
mulai mengecat untuk warna dasar batu
 Karya dilanjutkan dengan menabur bagian atas batu dengan glitter agar berkilauan, menghias sayap kupu-kupu dan menempelkannya lalu menempel hiasan di punggung laba-laba.
memilih bahan untuk menghias
 Terakhir menempel bagian kaki sesuai jumlah kaki serangga yang dipilih. Anak kelas Angin hebat, karena ingat dengan jumlah kaki pada kupu-kupu, kumbang dan laba-laba. Dan akhirnya, ini adalah karya anak kelas Angin. Selamat menikmati :)
laba-laba warna warni Dino, Zaky, Dio, Zeda dan Naufal
Laba-laba raksasa Rydho, Gadi, Ical dan Abrar serta Kumbang merah Zhafran
Kupu-kupu malu punya Vio, Theya, Rafi, Allena dan Abiel

Kupu-kupu ayu milik Rania, Aira, Cila, Tata dan Naomy

 

No comments: