Saturday, January 4, 2014

Making of Koran Kelas TKA

Sejak awal tahun ajaran ini, GagasCeria konsisten membuat koran kelas di setiap akhir tema. Selama ini mungkin belum banyak yang tahu bagaimana proses pembuatan koran kelas dari awal hingga akhirnya dipajang di mading sekolah. 

Mungkin sama seperti membuat majalah atau koran pada umumnya, harus ada brainstorming ide dulu sebelum diputuskan materi yang akan ada di koran tersebut. Begitu juga halnya dengan koran kelas. Aku dan partner berdiskusi dulu, memilih materi yang akan ditulis di koran tersebut. Setelah itu, barulah kami bersama-sama merancang kata-kata yang akan ditulis di koran. Untuk tema ini, aku dan partner membuat draft tulisan di words.

Tulisan selesai, selanjutnya memilih foto yang akan di sisipkan di koran. Foto yang digunakan tentu saja yang berkaitan dengan tema. Selanjutnya foto-foto yang sudah dipilih tadi disusun dan diatur pencahayaan serta layout-nya agar tampilannya lebih manis.

Setelah tulisan dan foto tersedia, barulah proses dilanjutkan dengan membuat layout koran. Ide pembuatan layout ini sebaiknya sudah dipikirkan sebelum menyusun layout foto. Karena keduanya akan saling mempengaruhi. Program yang digunakan bisa publisher, corel atau bahkan adobe illustrator atau adobe indesign.

Terakhir tentu saja publikasi dengan cara mencetak koran yang sudah dibuat. Selesai deh ^^

No comments: