Sunday, January 5, 2014

Menghias Istana Pelangi

Akhir semester yang lalu, aku dan teman-teman guru klab sepakat mengajak anak-anak menghias Istana Pelangi yang menjadi ikon sentral dari tema terakhir di semester itu. 

Istana Pelangi yang akan dihias oleh anak-anak kali ini terbuat dari kue kering karya Elsya Bento. Dan untuk dapat menghias kue tersebut, kami harus menuju ke dapur dari Elsya Bento yang terletak di salah satu kawasan di kota Bandung.

sabar menunggu giliran menghias kue dengan bernyanyi bersama
Sesampainya di lokasi, anak-anak diajak mengingat kembali segala hal tentang Istana Pelangi, baik melalui cerita dan lagu. Kemudian secara bergantian anak-anak diajak menghias kue berbentuk Istana yang sudah ada menggunakan cream berwarna merah, kuning dan biru. Kami sengaja minta untuk disediakan warna-warna tersebut karena warna primer itulah yang memang dikenalkan pada anak. Warna yang digunakan termasuk aman, karena menggunakan pewarna makanan.

Di hari itu, kelas Kepik mendapat kesempatan pertama untuk menghias kue. Aqsha, Ghea, Samira, Rafi, Gea dan Echan mendapat giliran pertama. Sedangkan Belva, Hasna, Chacha, Dzakka dan Hagia mendapat giliran kedua.
kelompok pertama menunggu kue dibagikan
kelompok dua dengan kue berbentuk istana
Mula-mula anak-anak dibagikan kue berbentuk istana, lalu anak-anak diberi masing-masing 4 (empat) buah warna untuk menghias kue, yaitu warna putih, merah, kuning dan biru. Kemudian anak diberi kesempatan untuk menghias kue sesuai kreasinya.  Setelah itu, kue yang telah selesai dihias dibakar di oven sekitar 15 - 20 menit agar cream tersebut mengeras dan menempel di atas kue, barulah sesudahnya kue-kue tersebut dapat di bawa pulang. Selesai deh kegiatannya dan anak-anak pun kembali ke sekolah untuk bertemu orang tuanya masing-masing dengan membawa kue kreasi mereka. Hore!! ^^

asyik menghias kue
campur-campur warna untuk kue
pencet-pencet biar warnanya keluar
warna-warni Istana Pelangi

No comments: