Monday, December 22, 2014

Tiup Ini, Tiup Itu, Tiup Semuanya

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan oral motor anak, salah satunya adalah latihan untuk menguatkan otot-otot oral. Latihan ini tidak hanya baik untuk anak, namun juga baik untuk orang dewasa.

Di Klab GagasCeria, latihan oral motor diperlukan sebagai latihan persiapan bicara pada anak. Latihan ini nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk membantu anak agar dapat berbicara dengan artikulasi yang jelas dan mengatasi cadel pada anak.

Salah satu kegiatan yang kami lakukan di sekolah adalah latihan meniup. Latihan meniup itu sendiri bertujuan untuk melatih kekuatan lidah anak. Lidah adalah salah satu alat indera yang selain digunakan untuk mengecap rasa, lidah juga jadi alat untuk berbicara. Oleh karena itu, latihan ini tentunya diperlukan oleh anak usia 2-5 tahun. 

Ada banyak variasi kegiatan meniup yang dapat dilakukan bersama anak, seperti meniup benda (meniup bola, kapas, bulu) atau bahkan meniup gelembung. Beberapa waktu yang lalu kami mengajak anak-anak untuk bermain meiup lilin dan bermain meniup gelembung. Tentu saja kami harus membuat kegiatan ini menarik dan bermakna untuk anak agar anak mau terlibat dan semangat untuk mencoba. Cara agar membuat kegiatan ini jadi bermakna tentunya dengan membuat alur cerita. 

Saat itu, untuk latihan meniup lilin, kami mulai kegiatan dengan cerita ulang tahun. Anak-anak kami ajak menyanyikan lagu ualng tahun dan berdramatisasi seolah-olah mereka sedang berulang tahun. Dan ternyata anak-anak tertarik dan langsung dengan semangat meniup lilin seolah-olah itu adalah lilin ulang tahun mereka.

tiup tiup lilinnya..
Untuk kegiatan meniup gelembung, kami membuat alur cerita seolah-olah ingin membantu Ratu Air (tokoh imajiner dalam sebuat tema tertentu) kembali ke negeri air. Bagaimana cara membantu Ratu Air pulang ke negerinya? Tentu saja dengan cara membuat balon raksasa. Nah disinilah anak-anak mulai berperan, mereka kami minta meniup gelembung sabun untuk menjadi kendaraan Ratu Air pulang ke negeri air. Anak-anak senang sekali, mereka terlihat semangat mencoba meniup sabun untuk membuat gelembung untuk Ratu Air. 

sabun..sabun, jadilah gelembung raksasa..
Hebat anak-anak!!


No comments: