Sunday, December 21, 2014

We Want More!! 'Cerita Assembly TKA Angin 2013/2014'

Seperti biasanya, di setiap satu tahun pembelajaran, anak-anak akan mengikuti kegiatan assembly sebagai bentuk pengaplikasian tema yang sudah dijalani selama satu tahun ia belajar di level sekolahnya. Well, sebenarnya gak selalu satu tahun, karena ada kalanya assembly diadakan di 3/4 tahun pembelajaran, seperti yang dilakukan di TK dan PG, meskipun untuk anak Klab kegiatan assembly memang diadakan di akhir tahun pembelajaran. Disamping itu, ada tujuan lain dari assembly yang ingin dicapai guru untuk anak-anak, yaitu melatih kepercayaan  diri anak untuk tampil dihadapan orang banyak dan mengembangkan minat anak. 

Di tahun ajaran ini, kami melakukan assembly di bulan Maret, yaitu di tema ke-5, yang artinya ada 4 tema yang harus kami buat menjadi satu alur cerita agar semua rangkaian kegiatan di tema itu dapat disampaikan pada orang tua. Di tahun ini juga, kami pada guru sepakat untuk menyamakan alur dan jenis kegiatan yang akan ditampilkan, meskipun dalam urutan yang berbeda. 

Di kelas Angin, aku dan guru kelas angin lainnya sepakat untuk membuat urutan kegiatan tampil sebagai berikut :
1. Kehadiran seorang seniman yang kehilangan ide berkarya
 
seniman yang kebingungn
2. Si ksatria terlihat kebingungan, di tengah jalan ia bertemu dengan seniman jalanan yang bertanya tentang perasaannya
seniman jalanan yang ramah
3. Setelah bercerita tentang perasaannya, seniman merasa lega, ia melanjutkan perjalanan dan bertemu dengan atlet yang mengajaknya berolah raga sebelum melakukan perjalanan
atlet yang penuh semangat
4. Namun ditengah jalan, ia ternyata masuk ke lubang ajaib yang membawanya ke negeri Dinosaurus
bronto, pteranodon, stego, t-rex dan narator yang cantik
5. Ia menyelamatkan diri dan keluar di sebuah lautan yang luas, disana ia bertemu dengan ksatria laut yang sedang mencari seekor prajurit Ratu Air bernama Hijagu. Ia membantu ksatria itu mencari prajurit Hijagu yang ternyata tersesat di negeri yang jauh.
ksatria lautan yang gagah berani
6. Sebagai rasa syukur atas penemuan prajurit Hijaugu, semua makhluk lautan mengadakan perayaan. Seniman merasa terhibur. Tak hanya itu saja, ia bahkan kembali mendapatkan ide berkarya. Hore!!
ikan duyung yang cantik dan pandai menari
 7. Ternyata ide karya yang didapat seniman adalah bermain musik dengan alat musik yang bukanlah alat musik. Alat musik yang berbeda. Alat musik yang baru. Yaitu bermain musik mengunakan bangku yang dipukul sebagai sumber bunyi atau disebut Tatalu.
para pemain tatalu
8. Seniman merasa senang dan melakukan perayaan sebagai bentuk terima kasih pada teman dan keluarganya.

No comments: