Sunday, July 14, 2013

Ayo Mengecat Pot



Diakhir tahun, selain berlatih untuk tampil di assembly, anak-anak juga tetap diajak mengikuti kegiatan kelas. Tema akhir klab di tahun ini adalah tentang bunga. Selain diajak mengenal warna dari beragam bunga, anak-anak juga tetap diajak untuk mengolah kebutuhan sensorinya. Salah satu caranya dengan mengajak anak mengecat pot bunga sebagai tempat kolase bunga yang akan mereka buat di tema ini.

Setelah memakai baju khusus mengecat dan memegang satu buah gelas plastik untuk mengecat, anak-anak diberi kesematan memilih warna mana yang ingin mereka gunakan terlebih dahulu. Lando, Marvel dan Afifah memilih warna biru. Audric, Nadine dan Jani memilih warna merah sebagai warna pertama yang akan mereka gunakan. Sedangkan Jehan dan Aim memilih warna kuning. 

Tim Biru : Lando, Afifah dan Marvel
Tim Kuning : Jehan dan Aim
Tim Merah : Audric, Nadine dan Jani
Saat mengecat, anak-anak sengaja tidak diberi kuas khusus mengecat. Tujuannya selain untuk mengolah kebutuhan sensori, anak-anak juga diajak untuk tidak jijik berkarya dan berkreasi dengan tangannya. Dan tujuan ini akhirnya bisa terpenuhi karena Lando langsung menempelkan kelima jarinya di cat biru dan mulai mengecat gelas miliknya. Hal ini menginspirasi Jehan yang semula hanya menggunakan beberapa jari juga ikut menempelkan kelima jarinya untuk mengecat gelasnya dengan cat kuning. Meskipun masih banyak anak yang belum mau menggunakan kelima jarinya saat mengecat, namun anak-anak terlihat menikmati kegiatan mengecat ini. 

Tak cukup dengan satu warna, Jani, Marvel, Afifah dan Lando memutuskan untuk berpindah area dan mencoba melakukan pencampuran warna dengan menggunakan bahan cat yang ada. Mereka mengoles, mengecap atau bahkan menghias karya mereka dengan warna lainnya.  

anak-anak berpindah area, mencoba warna lainnya
Akhirnya semua anak mau mencoba mengeksplorasi warna lainnya
Dan akhirnya, setelah 45 menit yang penuh warna, selesailah kegiatan mengecat pot ini. Anak-anak terlihat bangga dengan karya yang sudah buat. Good job, kepik!! ^^
Kepiikkk, Hebatt!! ^^

2 comments:

Araiesenei said...

wilma hebat deh! Anak2nya juga hebat..

Wilma Kailola said...

wah.. trima kasih banyak.
anak-anak memang menginspirasi ya ^^