Sunday, September 29, 2013

Angin Berkunjung ke Elmuloka

Perpustakaan adalah salah satu area pilihan bermain untuk kegiatan kelas di GagasCeria. Dan kesempatan itu kami, aku dan anak kelas Angin, gunakan untuk berkunjung ke Elmuloka.

Elmuloka adalah perpustakaan milik GagasCeria yang sejak tahun 2012 yang lalu sudah menjadi Taman Bacaan Umum (TBU) berdasarkan surat ijin dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Elmuloka sendiri berarti tempatnya ilmu, dan ini berarti semua orang dapat mencari informasi melalui buku dan film, untuk menambah ilmu dan wawasan yang sudah dimiliki,  melalui perpustakaan ini. Tulisan lengkap tentang perpustakaan Elmuloka bisa diakses di website GagasCeria atau di tulisannya Hotarukika , salah seorang guru TK di GagasCeria.

Hari itu adalah hari pertama anak-anak berkunjung ke Elmuloka sebagai murid kelas Angin. Setibanya di sana, kami disambut oleh ibu Karin, pustakawati Elmuloka, yang kemudian menjelaskan aturan dan tata cara berkunjung dan bermain di Elmuloka. Ibu Karin menginformasikan cara memilih buku dan tempat penyimpanan buku yang dapat diakses oleh anak-anak serta cara menyimpan buku yang sudah dibaca.

Anak kelas Angin fokus mendengarkan penjelasan Ibu Karin
Setelah mendengarkan penjelasan, anak-anak pun mulai memilih buku yang akan dibaca, mereka terlihat asyik sekali. 

Anak-anak memilih buku yang akan dibaca
Asyik membaca buku yang ada di Elmuloka
Sambil membaca, sesekali anak-anak diingatkan untuk memilih buku yang isinya nantinya akan mereka gambar, karena selain membaca buku, tujuan kelas Angin berkunjung ke Elmuloka adalah untuk menggambarkan isi buku yang sudah mereka baca. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu minat dan sejauh mana pemahaman anak akan isi buku yang sudah mereka baca.

Setelah dibaca, isi bukunya-pun digambarkan
Selesai menggambar, anak-anak diminta menceritakan isi gambar yang mereka buat. Oia saat menggambar, anak-anak tetap diijinkan untuk melihat isi buku yang sudah mereka baca agar tidak terjadi kesalahan persepsi saat menggambarkan hasil pemikiran mereka. 

Dan kegiatan hari itu diakhiri dengan sesi mendengarkan cerita. Kegiatan mendengarkan cerita itu sangat seru dan aktif sekali karena anak-anak tidak hanya menjadi pendengar yang pasif, namun mereka bersama guru dan teman-temannya saling bertukar informasi melalui diskusi dan tanya jawab. 

kegiatan baca cerita dan sesi diskusi
Jika ada yang tertarik mengunjungi Elmuloka atau menjadi anggota perpustakaan Elmuloka, silahkankan menghubungi ibu Karin di Perpustakaan Elmuloka GagasCeria Innovative Education, Jl. Malabar no 61 Bandung 40262 atau melalui telepon ke 022-7303086 ext 25.


No comments: